banner Atas 729 x 90

Melalui Hari, Menjalani Sebuah Kehidupan

By Andy Cahyadi PM July 24, 2019 46

Hidup itu harus diperjuangkan. Hidup itu layaknya naik ke tangga. Kita tidak dapat menuju tangga ke dua jika kita tidak melewati tangga satu dahulu dan kita tidak dapat menuju tangga empat jika kita tidak melewati tangga tiga dahulu dan seterusnya. Intinya jika kita ingin sukses maka kita harus melewati tahapan-tahapan mulai dari rendah menuju tinggi, tidak bisa langsung instan. Jangan sekali-kali takut gagal karena orang yang takut adalah orang yang tidak pernah merasakan menang.

Jangan hidup seperti air mengalir. Karena apa? Karena air mengalir itu pasti ke tempat yang lebih rendah, sedangkan kita hidup itu harus menuju tempat yang lebih tinggi. Orang sukses harus memiliki tujuan hidup. Maka bermimpilah setinggi langit. Jangan lupa berusaha. Kalau mimpi tak ada usaha sama dengan bohong. Dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. Jika ada kemauan pasti ada jalan.

Kita perlu belajar dalam menjalani hidup. Karena orang lahir semua dalam keadaan belum mengerti apa-apa. Kita belajar supaya mengerti. Belajar formal, informal maupun non formal bisa kita lakukan. Belajar formal contohnya TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Belajar informal contohnya seperti kursus, bimbingan belajar dan sebagainya. Sedangkan belajar non formal misalnya sharing dengan orang lain, saling bertukar fikiran, berdiskusi dan seterusnya. Ibadahlah seakan kamu mati besuk dan bekerja keraslah seakan kamu hidup selamanya. Lawan terus kemalasan karena kemalasan adalah penyebab utama dari kemiskinan.

Aku dulu juga belajar mulai SD, SMP dan SMK. Sekarang aku kursus bahasa Inggris di BEC Pare Kediri Jatim. Pertama daftar aku bertemu dengan dua teman baru yaitu Mif dan Rusman. Mif dari Nganjuk dan Rusman dari Madura. Akhirnya kami bertiga tinggal di salah satu kos tidak jauh dari BEC.

Hari demi hari kita lewati bersama. Lalu kita putuskan membuat sebuah club yang bernama Mangala's Club, yang merupakan akronim dari Madura Nganjuk Lamongan.

Kami bertiga join kursus di BEC selama enam bulan. Tiga bulan pertama masuk program CTC dan tiga bulan kedua masuk program TC. Di CTC kita masih boleh berbicara menggunakan Bahasa Indonesia, tetapi di TC kita harus 100 % berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jika kita menggunakan Bahasa Indonesia, maka harus siap menerima sanksi (punishment).

Mulai pertama masuk BEC kami bertiga terkena peringatan karena baju tidak dimasukkan. Tetapi tidak mengapa, karena masih pertama dan kami belum paham betul tentang peraturannya. Aku memiliki banyak teman baru di BEC. Teman baru berasal dari berbagai pulau di Indonesia. Aku juga memiliki dua guru yaitu Mr. Adin dan Mr. Khoirul. Kebetulan keduanya belum menikah dan keduanya guru yang humoris.

Hari demi hari aku lewati dan hari terasa begitu cepat. Aku sudah menginjak bulan ke tiga di CTC program. Sebentar lagi aku dan teman-teman akan berpisah. Berpisah karena kelasnya diacak, karena mungkin di antara mereka ada yang langsung kerja, atau mungkin di antara mereka ada yang kuliah. Oleh karena itu, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya karena waktu tidak bisa terulang kembali. Bagiku ''time is my life'' (waktu adalah nyawaku).

..............................................................

Inspirasi Hati

Oleh: Andy Cahyadi Pramudya M

Kampus BEC

Alamat:

Jl. Anyelir No.8

Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri 

Propinsi Jawa Timur | 64212

Informasi:

0354. 392987 | +62 812 3053 8823

© 2019 Basic English Course All Rights Reserved. By Kang Oviagus