banner Atas 729 x 90

Yakinlah Hari Esok Pasti Lebih Baik

By Oviagus May 21, 2019 46

Maksur itu namaku. Ayahku adalah seorang pekerja bangunan. Kuli bangunan adalah juga mantan profesiku. BEC adalah pintu masuk perubahan hidupku. TC 101 adalah memoriku. MS 35 adalah jembatan penghantar suksesku.

Bukan saja kuli bangunan yang sekarang jadi mantan profesiku, menjadi pengamen juga pernah aku jalani. Beragam lantunan nada dengan ritme khas “Inggris Jawa” alias dangdut adalah lagu wajib yang aku dendangkan untuk berharap jatuhnya koin rupiah. Lagian memang dulu aku sangat tidak suka dengan lagu Inggris beneran. Maklum mendengarkan saja telingaku bingung, apalagi untuk memahaminya maknanya.

Kisaran tahun 2007, aku dapat dapat job kuli bangunan di Banyuwangi, Jawa Timur. Namun naas bagiku, karena ditempat kerja ini pula aku menderita sakit hingga kemudian dokter menyatakan vonis liver terhadap sakit yang aku derita. Galau seketika menerpa, hingga berujung pada sekat ‘gelap’ sampai tak tahu arah berpijak.

Pertolongan Tuhan tiba-tiba saja datang dari arah yang tidak pernah aku sangka. Lewat pertolongan seorang teman baikku yang berprofesi sebagai polisi , aku kemudian dibiayai masuk di BEC untuk belajar Bahasa Inggris. Padahal bahasa yang satu ini, dulunya aku sangat tidak suka. Namun Tuhan masih menyayangiku. Tidak ada ada yang mampu mengubah hati setiap manusia, tanpa campur tanganNya. Di BEC aku mulai bersungguh-sungguh ingin menata hidup. Aku ingin membuat orang tuaku bahagia, dan tidak mau mengecewakan kesempatan yang diberikan oleh temanku.

Alhamdulillah aku berhasil lulus dari BEC. Sembilan bulan menempa ilmu di BEC, membuatku lebih semangat dalam menjalani hidup. Di sini aku seakan mendapatkan energi yang luar biasa. Kalau kuli bangunan adalah mantan profesiku, tapi Mansur kini adalah seorang ‘kuli bangunan’ yang berkomitmen membangun bangunan bagi masa depannya .

Lulus dari program regular BEC, aku melanjutkan ke program pasca BEC yaitu Mastering System (MS) BEC. Dalam Tiga bulan di MS, aku berkesempatan merasakan praktikum mengajar indoor (mengajar murid BEC) dan outdoor training (mengajar di luar BEC). Hasil yang kucapai di MS pun sangat menggembirakan, karena aku mendapat nilai A yang termasuk kategori nilai paling atas. Namun bagi kami siswa BEC, nilai hanyalah sebuah raihan. Kami selalu diajarkan, bahwa nilai atau sertifikat yang sejati adalah di dalam diri kita.

Berbekal ilmu dari BEC, aku mendapatkan peluang dan kepercayaan mengajar di Pesantren Assalamah, Jambi, Sumatera. Di Jambi aku tak punya siapa-siapa. Hanya keluarga di Nganjuk dan catatan sewaktu di BEC yang selalu setia menemani. Hari demi hari dan detak jam terus melaju mengiriku langkahku. Tak terasa hampir Satu tahun aku berada di Jambi. Atas pertimbangan pribadi aku memutuskan untuk keluar dari Pesantrean Assalamah.

Aku memulai lagi dari nol, hingga kemudian waktu membawaku dan memberiku kesempatan mengajar di SMKN 5 Merangin, Jambi. Perjuangannku meraih cita di SMKN 5 Merangin juga penuh dengan liku dan perjuangan. Setiap hari sepulang sekolah, aku selalu mampir ke rumah muridku secara bergiliran untuk sekadar numpang makan. Maklum penghasilan yang aku dapat, tidak mencukupi untuk rutinitas keseharian. Akhirnya mulai banyak orang yang mengenalku. “Banyak teman , banyak rejeki”, itulah falsafah hidup yang aku anut.

Perjalanan hidup dengan tempaan yang beragam, semakin menambah kekuataanku dalam menjalani dinamika hidup. Dengan tempaan itu pula, kemudian aku memberanikan diri untuk mendirikan kursus Bahasa Inggris di Jambi, yang kemudian aku beri nama FEC (Foundation English Course). FEC inilah yang hingga sekarang menopang hidupku dan menjadi ladang ibadahku. Dan di tempat ini pula, aku selalu membuka kembali buku harian dengan sederetan cerita indah masa lalu hidupku. “Indah bukanlah sesuatu yang tanpa sandungan, namun indah adalah sesuatu yang membekas dan bisa memberi hikmah bagi kita untuk meraih yang lebih baik. Dan Yakinlah esok pasti akan lebih baik “.

Kampus BEC

Alamat:

Jl. Anyelir No.8

Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri 

Propinsi Jawa Timur | 64212

Informasi:

0354. 392987 | +62 812 3053 8823

© 2019 Basic English Course All Rights Reserved. By Kang Oviagus