banner Atas 729 x 90

Hikmah Dibalik Cobaan Hidup (Sejarah Lahirnya BEC#2)

Singgahan tempo dulu. Jauh sekali jika disandingkan dengan Singgahan terkini Singgahan tempo dulu. Jauh sekali jika disandingkan dengan Singgahan terkini photo: BEC.doc 2019

“Maksud hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai”. Itulah sebuah pepatah bijak yang begitu tepat mewakili cobaan hidup yang dialami Mr Kalend. Dalam perjalanannya, terpaan ekonomi keluarga yang demikian dahsyat, membuat cita-citanya untuk menuntut ilmu di pondok menjadi terhambat.

Ya, keluarganya akhirnya sudah tidak mampu lagi membiayai kebutuhan Mr Kalend. Meski pahit, beliau pun akhirnya ikhlas menerima suratan. Langkahnya di Pondok Gontor akhirnya harus terhenti hanya sampai kelas 5 (meredam diri di Gontor 4 tahun 9 bulan).

Ada hikmah dibalik setiap cobaan. Keyakinan itu pula yang membawa Mr Kalend tak kenal putus langkah dalam meraih asa yang tertunda. Sebelum tahun 1976, secara kebetulan di saat bekalnya di Pondok Gontor mulai menipis (masa-masa disaat mau keluar dari Gontor, red) beliau mendengar berita dari dua orang teman (Rahmat Su’ud dan Abdul Khanan), bahwa di Pare ada seorang kyai atau tokoh masyarakat yang memiliki keilmuan bertaraf internasional karena memiliki kemampuan menguasai Sembilan bahasa asing. Kyai atau tokoh yang di maksud tak lain adalah Kyai Ahmad Yazid atau karib disapa Kyai Yazid, yang tinggal di Singgahan, Pare, Kabupaten Kediri.

Inilah tonggak awal yang membawa ‘keberuntungan’ bagi perjalanan hidup seorang Mr Kalend pasca keluar dari Gontor. Beliau sekalipun tak pernah menyesali kenyataan, bahwa dirinya tidak sampai lulus di Pondok Gontor. Justru beliau merasa beruntung bisa menemukan tempat menimba ilmu di Pare.

Meski belum menguasai secara utuh satu bahasa pun dan bermodal ilmu secukupnya selama di Gontor, beliau kemudian memutuskan nyantri di kediaman Kyai Yazid dan berfokus belajar bahasa Inggris. Beliau merasa bersyukur, bersama Kyai Yazid inilah, dirinya dapat merasakan makna menjalani hidup yang sebenarnya, yang tidak beliau dapatkan sebelum-sebelumnya.

Kampus BEC

Alamat:

Jl. Anyelir No.8

Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri 

Propinsi Jawa Timur | 64212

Informasi:

0354. 392987 | +62 812 3053 8823

© 2019 Basic English Course All Rights Reserved. By Kang Oviagus